Support Group Home Education Indonesia

You are here:
  • narrow screen
  • wide screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • blue color
  • green color
Mencatat Portofolio
Pencatatan Portofolio dan Raport Online PDF Print E-mail
Written by Maria Magdalena   
Monday, 12 September 2011 17:58

Kebutuhan keluarga homeschooling sangat beragam. Ada yang tidak membutuhkan materi belajar yang terstruktur, ada pula yang tidak. Ada yang membutuhkan raport ada pula yang tidak. Ada yang membutuhkan pencatatan portofolio ada yang tidak, dst.

Sebagai support group dan komunitas home education/homeschooling, Klub Sinau menyediakan informasi untuk berbagai kondisi yang berbeda ini. Klub Sinau sudah menyediakan sistem pencatatan portofolio secara offline, yang perlu dicetak, lalu diisi secara offline. Sistem ini berguna untuk kondisi dimana sarana internet tidak bisa digunakan secara kontinyu di rumah.

Namun ada juga sebuah website yang menyediakan sistem pencatatan portofolio secara online, yaitu LearnBoost. Sistem ini sangat terintegrasi untuk per kelas. Penggunaannya sangat mudah, tidak rumit. Hasil yang tercatat pun bisa di-share. Jika yang aktif dalam proses homeschooling sehari-hari adalah ibu, maka ibu bisa share portofolio ini pada ayah, sehingga ayah bisa mengaksesnya dari kantor. Dengan demikian, orang tua yang terpisah jarak jauh hingga tidak bisa bertemu tiap hari bisa saling cek prestasi anak.

Website ini menyediakan fitur-fitur layaknya portofolio sekolah, karena memang tidak khusus untuk homeschooling. Walau begitu bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan homeschooling. Fitur yang disediakan antara lain pencatatan : jadwal, absensi, lesson plan, nilai test dan rangkumannya, dan laporan prestasi anak.

Bagi yang menginginkan pencatatan portofolio yang terorganisir dan hemat kertas bisa mencoba website ini.

Last Updated on Tuesday, 18 October 2011 19:19
 
GRATIS Planner & Form Portofolio Homeschooling PDF Print E-mail
Written by Maria Magdalena   
Thursday, 26 May 2011 20:06

Klub Sinau menyediakan form planner (perencanaan) dan portofolio (pencatatan hasil belajar) untuk anak-anak homeschooling. Form yang disediakan Klub Sinau untuk saat ini adalah :

Planner & Portofolio Harian :

  • Jadwal

  • Jurnal

  • Materi

  • Target

Planner & Portofolio Per Semester :

  • Experiment

  • Field Trip

  • Jurnal

  • Materi

  • Presentasi

  • Target

Planner & Portofolio Per Tahun :

  • Experiment

  • Field Trip

  • Jurnal

  • Materi

  • Presentasi

  • Target

Dan dilengkapi pula dengan cover bertema nature.

Semua planner & portofolio ini bisa didownload secara GRATIS, tapi harus melakukan pendaftaran (Create an account) dulu dan setelah itu melakukan Aktivasi account, dan melakukan Login. Setelah Login, akan keluar menu di sebelah kiri, yaitu menu “Download”. Download bisa dimulai dengan klik menu ini.

Pembuatan sistem planner dan portofolio ini telah disesuaikan dengan kondisi homeschooling, sehingga kemungkinan tidak bisa diterapkan pada jalur pendidikan yang lain. Untuk bertanya lebih lanjut tentang penggunaannya silakan kontak Klub Sinau.

Last Updated on Tuesday, 18 October 2011 19:25
 
Live Binder Sebagai Sarana Bookmark PDF Print E-mail
Written by Maria Magdalena   
Friday, 06 May 2011 15:07

 

 

Bookmarking situs-situs menarik di internet sepertinya sudah menjadi keharusan jika ingin menjadikan situs tersebut sebagai acuan belajar. Jika kita mem-bookmark situs tersebut, maka ketika kita perlu untuk membukanya lagi kita tidak susah-susah “search” ulang, tinggal buka saja file dari bookmark tersebut.

Bookmarking juga memudahkan keluarga homeschooling untuk saling bertukar ide pembelajaran dengan keluarga homeschooling lain. Tentunya akan sangat menyenangkan jika bisa saling memperkaya resource pembelajaran.

Bookmarking bisa dilakukan melalui web browser atau situs bookmarking semacam delicious, dll. Setiap sarana bookmarking itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kali ini saya ingin mengulas tentang Live Binders sebagai situs bookmarking.

Live Binder adalah digital 3 ring binder dimana kita bisa menyimpan URL website, video, pdf, dll. Dalam tab-tabnya, bahkan tabnya bisa memilik sub-tab, dengan demikian penyimpanan URL di dalamnya bisa sangat kaya. Bedanya dengan sistem bookmark yang lain, Live Binder langsung menampilan isi website di dalam tab-tab tersebut. Jadi untuk mengakses URL-nya kita tidak perlu klik URL-nya dulu, karena akan langsung tampak di tab tersebut.

Untuk memanfaatkan Live Binder, tentu anda harus sign up terlebih dahulu, dan mengisi form sign up. Setelah itu anda bisa langsung menggunakannya. Pertama adalah “Create Binder”, lalu bisa dilanjut dengan mengisi form data binder yang diperlukan. Setelah itu langsung masuk ke dalam tab-tab bookmark, mengisi URL-nya, dan memberi judul pada tab.

Caranya mudah, tampilannya bagus. Terakhir, anda  bisa share Live Binder anda pada teman-teman melalui share URL. Live Binder juga memberikan kebebasan bagi anda untuk menyimpan sendiri bookmarking Anda tanpa bisa diakses oleh orang lain, yaitu melalui option “Private”, setelah itu anda akan diminta mengisi “key” yang bisa anda simpan sendiri untuk mengakses private Live Binder anda tadi.

Live Binder juga menyediakan akses pada binder-binder menarik yang bisa jadi content-nya kita butuhkan.

Snapshot Live Binder

 

 

Last Updated on Tuesday, 18 October 2011 18:23
 
PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 21 April 2011 13:40

Menanamkan kebiasaan baik itu perlu, karena jika telah terbiasa melakukan kebiasaan yang baik, maka anak akan dengan mudah diterima dalam pergaulannya, dan bisa juga menjadi bekal kesuksesannya. Orang tua pun seringkali mengeluh ketika anak belum juga bisa melakukan kebiasaan baik walaupun sudah berulangkali diingatkan. Mungkin faktor yang paling berpengaruh dalam hal ini adalah keterlibatan. Kalau anak dilibatkan sepenuhnya pada pembentukan kebiasaan baiknya, maka dia akan dengan mudah dan senang hati mengingat hal-hal yang perlu dia lakukan.

Tenang, banyak kok cara yang bisa dilakukan untuk melibatkan anak dalam pembentukan kebiasaan baik ini. Salah satunya yang menggunakan website WeeBehave.

Di website ini anda harus sign up (mendaftar) dulu. Setelah mendaftar akan ditanyakan nama anak. Satu account bisa dipakai untuk mencatat perilaku baik dari banyak anak. Setelah itu anda bisa langsung menggunakan chart ini. Tambahkan kebiasaan baik yang ingin dicatat dan diamati pada “Add Task”, lalu beri rating harian. Disediakan 2 macam rating untuk tiap kebiasaan baik.

Ajak anak untuk mengevaluasi kebiasaan baiknya hari ini, berapa rating yang bisa dia terima. Semakin banyak semakin baik. Orang tua juga bisa mencantumkan komentar pada tiap rating (Add Comment). Sistem ini mempermudah anak dan orang tua dalam mengevaluasi perkembangan kebiasaan baik yang ingin ditanamkan.

Snapshot layar WeeBehave

Last Updated on Tuesday, 18 October 2011 19:24
 


The Logo

Search

Get Update

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Login

Jika anda keluarga homeschooling, silakan register dan melakukan login untuk menikmati isi website Klub Sinau ini lebih lanjut



Tulisan Terkait

Yang sedang online

We have 37 guests online

Bookmark

Add to: Mr. Wong Add to: Webnews Add to: Icio Add to: Oneview Add to: Yigg Add to: Linkarena Add to: Digg Add to: Del.icoi.us Add to: Reddit Add to: Simpy Add to: StumbleUpon Add to: Slashdot Add to: Netscape Add to: Furl Add to: Yahoo Add to: Blogmarks Add to: Diigo Add to: Technorati Add to: Newsvine Add to: Blinkbits Add to: Ma.Gnolia Add to: Smarking Add to: Netvouz Add to: Folkd Add to: Spurl Add to: Google Add to: Blinklist Information
by: camp26.biz

Join our :

Facebook Share

Share on facebook

Google +1


By PLAVEB

Choose Your Language

Browse this website in:

Blog Home Education:

 


The Root of Learning

Award :