Support Group Home Education Indonesia

You are here:
  • narrow screen
  • wide screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • blue color
  • green color
Materi Belajar
Percobaan Membuat Sundial PDF Print E-mail
Written by Maria Magdalena   
Saturday, 21 April 2012 18:02

Membuat sundial (jam matahari) ternyata tak semudah yang dibayangkan. Tapi, percobaan ini pun membawa kami pada kesadaran bahwa jam matahari tidak seperti jam biasa! Jadi, kami pun membuat jam matahari dari sangat awal. Dari kertas kosong.

Bahan percobaan kali ini adalah : selembar kertas kosong, sebuah anak panah mainan, selotape, pensil, penggaris, dan kompas.

Kertas kosong kami tempelkan di lantai teras dengan bantuan selotape. Pastikan kertas ini terkena sinar matahari. Lalu anak panah mainan kami tempelkan di bagian tengah kertas dengan bantuan selotape juga. Nah, dasar dari jam matahari telah dibuat.

Selanjutnya, tiap pergantian jam kami tandai dengan pensil pada ujung bayangan anak panah. Pada hari percobaan ini matahari seringkali tertutup awan, sehingga ujung bayangan anak panah tidak tampak jelas. Jadi dalam percobaan kali ini kami hanya bisa menandai 3 jam saja. Namun ini sudah mencukupi untuk menarik kesimpulan percobaan.

Apa yang kami dapat?

Tanda yang kami buat dengan pensil tadi ternyata jika dihubungkan akan membentuk garis lurus. Garis lurus ini adalah arah lintasan matahari. Setelah kami dekatkan dengan kompas, ternyata arah garisnya lurus membentang antara timur (E) ke barat (W)! Jadi, membuat jam matahari adalah membuat garis lurus, bukan lingkaran seperti jam pada umumnya.

Selamat mencoba di rumah!

 
Materi Science Gratis PDF Print E-mail
Written by Maria Magdalena   
Friday, 20 January 2012 14:53

Berikut ini adalah situs-situs yang menyediakan pembelajaran science secara gratis :

  1. Apples4theTeacher.com aktivitas, online games, dan worksheet science tingkat SD.
  2. BrainPOP Science berisi konten-konten interaktif yang menarik, dan sebagian besar gratis.
  3. Education.com games dan aktivitas science yang interaktif.
  4. Easy Fun School Science aktivitas dan pelajaran science untuk berbagai usia.
  5. EIA Energy Kids games, aktivitas, dan lesson plan yang berkaitan dengan energi.
  6. Fact Monster menyediakan berbagai fakta, games, dan quiz untuk berbagai subyek.
  7. Hooked on Science download worksheet dan lesson plan gratis.
  8. MSNucleus Curriculum kurikulum paduan science-math untuk setingkat SD.
  9. Quiz Tree online quiz dan games untuk berbagai subyek pelajaran, math. science, bahasa asing, geografi, dan reading.
  10. Sheppards Software games edukasi, aktivitas, dan artikel untuk berbagai subyek pelajaran.
  11. Think Zone poster dan chart math dan science untuk diprint.
  12. TLSbooks.com worksheet science gratis, untuk download dan print.
  13. Today in Science History pelajari kejadian-kejadian ilmiah dalam sejarah.
  14. Yucky Discovery website science yang disponsori oleh Discovery Kids.
 
Percobaan Pembedahan PDF Print E-mail
Written by Maria Magdalena   
Wednesday, 23 November 2011 16:26

Jika ank ingin melakukan percobaan pembedahan, apa yang perludisiapkan? Onject yang akan dibedah, alas bedah, kertas dan pensiluntuk mencatat, sarung tangan, pisau, japit, pipet, dan sendok. Objectyang akan dibedah bisa ikan, katak, kadal, tikus, dll.

Pembedahan sangat menarik dan menyenangkan. Banyak hal yang bisadipelajari anak dari proses ini. Anatomi hewan, fungsi berbagai organtubuh hewan, dan penanganan pembedahan itu sendiri.

Proses pembedahan juga seringkali berlangsung meriah, terutama jikaternyata binatang yang akan dibedah masih bisa bergerak. Tentu akansangat mengejutkan. Anak-anak juga seringkali ingin memainkan organtubuh yang telah dibedah itu. Mereka sangat dipenuhi keingintahuan.Mereka melihat dengan seksama, menyentuhnya, atau melakukan sesuatuterhadapnya, misalnya memencet organ tersebut.

Berikut adalah tips yang membuat suatu proses pembedahan menjadipembelajaran penuh makna :

  1. Binatang yang kan dibedah pilihlah yang masih segar, kalau perludimatikan sesaat sebelum dibedah. Karena binatang yang sudah beberapajam mati bagian dalam tubuhnya berbau tidak enak, anak cenderung tidaknyaman dengan bau ini.
  2. Potretlah tiap bagian tubuh binatang yang telah dibedah, untuk dokumentasi dan untuk pencarian info lebih lanjut.
  3. Ajak anak memegang tiap bagian tubuh binatang tersebut tanparagu-ragu, supaya mereka bisa merasakan wujud organ tubuh itu melaluisentuhan.
  4. Pada anak yang masih kecil, jauhkan pisau darinya, berikan pipet,japit, dan sendok padanya sebagai alat eksplorasi yang tidakberbahaya.
  5. Setelah selesai jangan lupa mencuci tangan dengan sabun, lalu mulailaheksplorasi lebih lanjut : mencari informasi seputar organ tubuh hewanyang telah dibedah.

Karena pembedahan sangat menarik, namun orang tua belum tentu bisamenyediakan keperluan dalam waktu dekat, maka orang tua bisamemperkenalkan kegiatan penbedahan dengan bantuan website-websitepembedahan berikut ini :

Pembedahan ikan salmon (http://library.thinkquest.org/05aug/00548/Dissection.html)

Pembedahan kodok (http://www.mhhe.com/biosci/genbio/virtual_labs/BL_16/BL_16.html)

Pembedahan mata (http://www.eschoolonline.com/company/examples/eye/eyedissect.html)

Pembedahan tikus (http://tvmouse.compmed.ucdavis.edu/virtualnecropsy/)

 
Interactive Simulations PDF Print E-mail
Written by Maria Magdalena   
Thursday, 03 November 2011 20:03

Seringkali, anak sulit memahami konsep suatu materi. Apalagi jika konsep itu masih asing baginya. Misalnya tentang pendulum, apa itu pendulum? Mendengar kata "pendulum" saja baru kali ini, sebelumnya tidak pernah. Nah, orang tua (maupun guru) kadang juga mengalami kesulitan untuk membuat anak paham mengenai konsep ini. Jika anak tidak paham, terutama jika di sekolah, maka sebagian besar guru akan mengambil jalan pintas dengan menyuruh anak menghafal, tanpa memahami. Ini salah, dan ini adalah kesalahan fatal.

Halangan lainnya adalah keuangan untuk membeli alat peraga untuk memberi simulasi tentang suatu konsep. Memang, alat peraga fisik harganya mahal. Kalau dibeli semua bisa keluar uang banyak.

Bagaimana dengan alat peraga non fisik? Website, misalnya. Wah ini jelas suatu fasilitas yang sangat berharga jika ada website yang berisi tentang berbagai simulasi konsep, apalagi konsep science dan matematika. Karena seringkali kedua bidang inilah yang membutuhkan simulasi supaya konsep bisa dipahami anak dengan baik.

Ada! Mari kita buka link ini : Interactive Simulations. Website ini dikembangkan oleh University of Colorado At Boulder. Berisi aneka simulasi konsep science dan matematika, bisa diakses secara gratis. Dan tersedia mulai level elementary school, middle school, high school, dan university. Silakan mengeksplorasinya untuk belajar bersama anak.

Last Updated on Thursday, 03 November 2011 20:29
 
Cara Asyik Belajar Pertambangan PDF Print E-mail
Written by Maria Magdalena   
Wednesday, 19 October 2011 17:33

Belajar tentang tambang diusia dini bisa sangat menyenangkan. Salah satunya melalui buku-buku tentang pertambangan yang memiliki ilustrasi yang menarik. Mengapa belajar tentang pertambangan? Tujuannya adalah untuk menunjukkan pada anak tentang adanya daerah pertambangan, daerah yang kaya akan mineral dan di sana dilakukan suatu aktivitas untuk mengambil mineral-mineral tersebut. Untuk selanjutnya mineral itu akan diolah dan dimanfaatkan untuk mempermudah kehidupan manusia.

Dengan tujuan tersebut, maka orang tua perlu memberikan input tentang pertambangan dengan cara yang menarik, misalnya melalui buku-buku yang menarik, dan film. Untuk buku, pada umumnya buku yang menarik anak adalah buku-buku yang memiliki ilustrasi yang sangat menarik, lucu, dan sesuai dengan dunia anak-anak. Buku anak-anak dengan ilustrasi yang menarik biasanya harganya mahal. Tapi sumber-sumber belajar bagi keluarga home education tidak harus mahal. Karena kalau mau jeli mencari kita dengan mudah mendapatkan sumber belajar yang gratis.

Seperti buku-buku tentang pertambangan di bawah ini. Buku-buku ini memiliki ilustrasi yang menarik dengan bacaan yang ringan dan menarik pula. Bacaan dalam buku ini disajikan dalam bahasa Inggris, ini akan bisa membiasakan anak untuk membaca literatur dalam bahasa Inggris. Bagusnya, buku-buku ini bisa didownload secara gratis :

Mine Machine :http://www.tasminerals.com.au/k4-mine-machines.pdf -> tentang peralatan dipertambangan

When We Mine :http://www.tasminerals.com.au/k4-when-we-mine.pdf -> tentang apa saja yang terjadi ketika dilakukan penambangan

Finding Minerals : http://www.tasminerals.com.au/k4-finding-minerals.pdf -> tentang perjalanan menemukan mineral

Last Updated on Wednesday, 19 October 2011 18:14
 
<< Start < Prev 1 2 3 Next > End >>

Page 1 of 3

The Logo

Search

Get Update

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Login

Jika anda keluarga homeschooling, silakan register dan melakukan login untuk menikmati isi website Klub Sinau ini lebih lanjut



Tulisan Terkait

Yang sedang online

We have 52 guests online

Bookmark

Add to: Mr. Wong Add to: Webnews Add to: Icio Add to: Oneview Add to: Yigg Add to: Linkarena Add to: Digg Add to: Del.icoi.us Add to: Reddit Add to: Simpy Add to: StumbleUpon Add to: Slashdot Add to: Netscape Add to: Furl Add to: Yahoo Add to: Blogmarks Add to: Diigo Add to: Technorati Add to: Newsvine Add to: Blinkbits Add to: Ma.Gnolia Add to: Smarking Add to: Netvouz Add to: Folkd Add to: Spurl Add to: Google Add to: Blinklist Information
by: camp26.biz

Join our :

Facebook Share

Share on facebook

Google +1


By PLAVEB

Choose Your Language

Browse this website in:

Blog Home Education:


The Root of Learning

Award :