Support Group Home Education Indonesia

You are here:
  • narrow screen
  • wide screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • blue color
  • green color
Kebahagiaan Belajar, Kelelahan Yang Terobati PDF Print E-mail
Written by Maria Magdalena   
Sunday, 25 September 2011 16:40

Menjadi orang tua homeschooling itu tidaklah mudah. Kita menyiapkan sendiri segala keperluan pendidikan anak. Ada pekerjaan tambahan yang tidak dilakukan oleh orang tua yang tidak homeschooling. Paling tidak ada proses mencari kurikulum yang sesuai, mencari materi belajar, belajar tentang materi tersebut, dan mendampingi anak belajar dalam keseharian.

Orang tua homeschooling seringkali mengawali kegiatan sebelum matahari menampakkan diri. Mendahulukan pekerjaan mereka sebelum anak-anak bangun, supaya ketika anak bangun orang tua telah siap mendampingi mereka. Pembagian waktu ini adalah tepat. Ini memungkinkan orang tua mencurahkan konsentrasi dan pemikirannya pada proses belajar anak, karena urusan pekerjaan mereka selesai.

Cara belajar homeschooling yang sangat menghargai keunikan anak, seringkali menampakkan gairah belajar yang luar biasa, setiap hari, sewaktu-waktu selalu ada proses belajar yang dilakukan anak. Orang tua pun telah memahami hal ini sebagai suatu rutinitas yang biasa, ketika sewaktu-waktu ada saja hal-hal yang dipikirkan dan ditanyakan atau dinyatakan oleh anak sebagai petunjuk adanya proses belajar dalam pikiran anak.

Inilah yang menyenangkan dari homeschooling. Kejutan-kejutan belajar, tiap kemajuan kecerdasan yang didapat anak, itu semua menjadikan pengorbanan waktu dari orang tua menjadi tidak sia-sia. Pada beberapa keluarga homeschooling, proses inilah yang jadi tujuan utama dari pilihan homeschoolingnya.

Keluarga kami juga, inilah yang kami inginkan ada dalam keluarga kami, inilah tujuan kami berhomeschooling. Kami ingin hasrat belajar yang timbul secara alami dan kreativitas tanpa batas ini ada dalam keluarga kami, terutama dalam diri anak kami. Oleh karena itu kami memilih homeschooling.

Bukannya tanpa kesibukan lain, keluarga kami termasuk keluarga dengan tingkat kesibukan yang tinggi. Suami saya berkantor di luar rumah, dan setiap hari selalu ada PR yang dia kerjakan karena tingginya tuntutan pekerjaan. Saya sendiri juga berorganisasi dan berkomunitas, bekerja sebagai penulis dan pembuat kue. Saya juga bekerja tanpa asisten rumah tangga.

Saya berusaha menyelesaikan pekerjaan rumah sebelum anak saya bangun, dan mengerjakan pekerjaan “kantoran” ketika anak saya bermain sendiri. Suami saya selalu mengerjakan PR-nya pada waktu anak sudah tidur malam. Ini kami lakukan supaya kami bisa mendampingi dan menikmati proses belajarnya.

Perkiraan saya dulu ketika memulai homeschooling, dengan kenyataan yang ada sekarang memang berbeda. Saya dulu membayangkan suatu proses sekolah di rumah, lengkap dengan jadwalnya. Dengan jadwal ini maka saya pribadi bisa memiliki waktu sendiri yang sudah terjadwal pula untuk mengerjakan pekerjaan saya sendiri, yaitu setelah selesainya “sekolah” anak.

Namun kenyataannya, semakin lama waktu berjalan (sekarang sudah 4 tahun kami mengarungi homeschooling) semakin sadar bahwa unschooling lebih sesuai untuk kami. Dunia belajar tanpa jadwal ini telah membuat kami jatuh cinta karena keluwesannya. Menjadi luwes berarti membuka lebar pintu belajar tanpa batas, termasuk batas waktu. Walaupun saya kemudian terkesan sering mencuri-curi, yaitu mencuri waktu untuk mengerjakan pekerjaan saya sendiri. Tapi itu tidak menjadi masalah, karena tujuan belajar secara home education sedikit banyak tercapai, yaitu lecutan proses belajar setiap waktu.

Last Updated on Tuesday, 18 October 2011 18:37
 

The Logo

Search

Get Update

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Login

Jika anda keluarga homeschooling, silakan register dan melakukan login untuk menikmati isi website Klub Sinau ini lebih lanjut



Tulisan Terkait

Yang sedang online

We have 76 guests online

Bookmark

Add to: Mr. Wong Add to: Webnews Add to: Icio Add to: Oneview Add to: Yigg Add to: Linkarena Add to: Digg Add to: Del.icoi.us Add to: Reddit Add to: Simpy Add to: StumbleUpon Add to: Slashdot Add to: Netscape Add to: Furl Add to: Yahoo Add to: Blogmarks Add to: Diigo Add to: Technorati Add to: Newsvine Add to: Blinkbits Add to: Ma.Gnolia Add to: Smarking Add to: Netvouz Add to: Folkd Add to: Spurl Add to: Google Add to: Blinklist Information
by: camp26.biz

Join our :

Facebook Share

Share on facebook

Google +1


By PLAVEB

Choose Your Language

Browse this website in:

Blog Home Education:

 


The Root of Learning

Award :