Support Group Home Education Indonesia

You are here:
  • narrow screen
  • wide screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • blue color
  • green color
Dongeng Cerita Rakyat Nusantara PDF Print E-mail
Written by Maria Magdalena   
Saturday, 06 August 2011 08:16

Memperkenalkan anak pada berbagai dongeng dunia adalah suatu hal yang positif. Terhitung ada banyak sekali dongeng legenda sedunia. Katakan saja tentang Aladdin, Cinderella, Rapunzel, Snow White, dsb. Memperkenalkan anak pada dunia dongeng mengandung banyak sekali keuntungan. Antara lain : anak dapat mengenal budaya dari berbagai negara didunia, dongeng biasanya mengandung nilai-nilai moral yang positif, dongeng juga membuat imajinasi anak berkembang bahkan menimbulkan ide-ide tentang kehidupan yang berguna untuk dia pikirkan.

Namun, banyak juga kisah dongeng yang tidak disampaikan dengan sebenarnya untuk saat ini. Menurut pengamatan saya, misalnya dongeng tentang Aladdin, ini sudah sangat dibelokkan oleh channel TV anak-anak : Disney Channel. Begitu juga dengan berbagai dongeng yang seharusnya mengandung suatu nilai moral yang baik. Akhirnya nilai yang ditonjolkan menjadi terasa sangat konsumtif, misalnya tentang para puteri yang memakai pakaian yang indah-indah, dengan rambut yang cantik. Belum lagi jika cerita dongeng itu lalu dibuatkan merchandise dengan pencitraan bahwa dengan memiliki merchandise itu anak akan menjadi seperti si tokoh dongeng. Nah ini nilai negatif dari pengembangan dongeng saat ini.

Jika membaca kisah-kisah dongeng yang masih asli, dalam arti belum dibuat film atau merchandisenya, maka akan sangat terasa muatan ide-ide menarik di dalamnya. Coba saja baca kisah Hans Christian Anderson, tapi jangan yang versi Disney (kalau ada), semacam Gadis Penjual Korek Api.

Dongeng dari negeri kita sendiri pun tak kalah banyaknya. Negara kita terdiri dari banyak sekali budaya. Masing-masing budaya itu memiliki beberapa cerita rakyat. Jadi bayangkan saja berapa ribu dongeng nusantara yang kita miliki. Namun hanya sedikit yang mampu kita ingat, dengan kata lain hanya sedikit yang populer.

Saya mengenal seorang teman penulis yang telah menggali cerita-cerita rakyat ini, Dian Kristiani. Dian mengompilasi 66 cerita rakyat ke dalam bukunya yang berjudul : Cerita Rakyat Nusantara. Dalam pembuatan buku ini, Dian didampingi oleh Yol Yulianto dan Aji Mei S untuk pembuatan illustrasinya.

Selain menyampaikan dongeng dengan bahasa yang mudah dimengerti anak, dengan menggunakan tulisan yang besar-besar hingga mudah dibaca oleh anak, Dian juga memberikan pesan moral di tiap akhir cerita. Ini mempermudah anak untuk memahami pesan moral yang ingin disampaikan oleh dongeng tersebut. Illustrasi yang menarik juga membantu anak mengembangkan imajinasi tentang ceritanya dan tertarik juga untuk membaca cerita-cerita selanjutnya.

Pengalaman anak saya, tiap hari saya minta dia untuk membaca satu dongeng saja dari buku ini, namun kenyataannya dia bisa membaca 3-4 dongeng, karena tertarik dengan illustrasi yang memang menarik dari sudut pandang anak.

Buku setebal 272 halaman full color dan full illustrasi ini bisa didapat dengan memesan pada penulisnya langsung : Dian Kristiani dengan harga discount menjadi Rp. 102.000,-.

Seperti biasa, Klub Sinau hanya mereview buku ini tanpa terlibat didalam segala bentuk transaksinya.

Last Updated on Tuesday, 18 October 2011 19:22
 

The Logo

Search

Get Update

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Login

Jika anda keluarga homeschooling, silakan register dan melakukan login untuk menikmati isi website Klub Sinau ini lebih lanjut



Yang sedang online

We have 79 guests online

Bookmark

Add to: Mr. Wong Add to: Webnews Add to: Icio Add to: Oneview Add to: Yigg Add to: Linkarena Add to: Digg Add to: Del.icoi.us Add to: Reddit Add to: Simpy Add to: StumbleUpon Add to: Slashdot Add to: Netscape Add to: Furl Add to: Yahoo Add to: Blogmarks Add to: Diigo Add to: Technorati Add to: Newsvine Add to: Blinkbits Add to: Ma.Gnolia Add to: Smarking Add to: Netvouz Add to: Folkd Add to: Spurl Add to: Google Add to: Blinklist Information
by: camp26.biz

Join our :

Facebook Share

Share on facebook

Google +1


By PLAVEB

Choose Your Language

Browse this website in:

Blog Home Education:


The Root of Learning

Award :