Support Group Home Education Indonesia

You are here:
  • narrow screen
  • wide screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • blue color
  • green color
Dari Kopdar Klub Sinau, 3 Okt 2010 PDF Print E-mail
Written by Maria Magdalena   
Monday, 04 October 2010 14:58

Lama tidak ketemuan jadi kangen dengan suasana menyenangkan yang ada di antara keluarga home education. Kemarin Minggu datang juga kesempatan ini. Acara Kopdar Klub Sinau yang rame ini dihadiri oleh mbak Lita beserta suami dan ketiga anaknya, mbak Nike dengan Q, mbak Lyly dengan suami dan putrinya, pak Yohanes, mbak Endang dengan rombongan lengkap, pak Handi dengan istri dan anaknya, mbak Ameilia dengan teman dan anaknya, mbak Ika Rais, mbak Lisa dengan rombongan, lalu pak Budi dengan keluarga lengkap, mbak Wulan yang juga lengkap rombongannya, mbak Arini yang sendirian saja, dan saya sendiri yang juga berombongan lengkap. Kopdar ini tidak hanya dihadiri oleh keluarga home education Sidoarjo-Surabaya saja, tapi juga dari Kediri (WOW!)

 

Jadi ada sekitar 45 orang tumpah ruah di TBM@Mall Cito ini. Tempatnya cozy, banyak buku, membuat kami betah di sini. Mbak Wulan yang membuka acara ini berperan pula sebagai moderator. Acara yang memang sejak semula tidak disetting sebagai acara formal ini berlangsung menyenangkan. Semua saling sharing dan bersahutan. Keberadaan masing-masing sudah tidak seperti orang asing yang jarang ketemu, tapi seperti sudah berteman lama. Tidak perlu menunggu lama untuk mencairkan suasana. Sharing dan pertanyaan diajukan saling-silang.

Tema dibagi 3 pokok bahasan, yaitu :
1.Bagaimana menumbuhkan minat baca anak
2.Bagaimana membuat anak senang belajar pelajaran yang HARUS dia pelajari
3.Mengajarkan pengelolaan keuangan pada anak

Tapi walaupun dibagi 3 sesi, ternyata sesi 1 dan 2 melebur dalam satu durasi waktu. Dalam sharing ini sangat tampak adanya spirit home education, yaitu perbedaan dalam tiap praktiknya di dalam tiap keluarga. Ada keluarga yang memberlakukan berbagai target, ada yang tidak. Ada yang mengikuti garis-garis panduan kurikulum, ada pula yang tidak. Ada yang menggunakan tutor ada yang tidak. Semua itu memang adalah warna-warni dari proses home education yang mewarnai kopdar “meriah” ini. Pengelolaan keuangan, yang intronya dibawakan oleh pak Yohanes juga adalah topik yang menarik dan menyadarkan kami bahwa perlu untuk mengajarkan pengelolaan keuangan pada anak sedini mungkin. Tidak hanya masalah menabung, berhemat, dan beramal, tapi juga masalah investasi agar anak cerdas keuangan.

Kopdar ditutup dengan rasa lega setelah melewati pertemuan penuh keakraban dan sharing ilmu dari teman-teman semua. Semoga pertemuan ini berguna.

Last Updated on Tuesday, 18 October 2011 18:09
 

The Logo

Search

Get Update

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Login

Jika anda keluarga homeschooling, silakan register dan melakukan login untuk menikmati isi website Klub Sinau ini lebih lanjut



Tulisan Terkait

Yang sedang online

We have 73 guests online

Bookmark

Add to: Mr. Wong Add to: Webnews Add to: Icio Add to: Oneview Add to: Yigg Add to: Linkarena Add to: Digg Add to: Del.icoi.us Add to: Reddit Add to: Simpy Add to: StumbleUpon Add to: Slashdot Add to: Netscape Add to: Furl Add to: Yahoo Add to: Blogmarks Add to: Diigo Add to: Technorati Add to: Newsvine Add to: Blinkbits Add to: Ma.Gnolia Add to: Smarking Add to: Netvouz Add to: Folkd Add to: Spurl Add to: Google Add to: Blinklist Information
by: camp26.biz

Join our :

Facebook Share

Share on facebook

Google +1


By PLAVEB

Choose Your Language

Browse this website in:

Blog Home Education:

 


The Root of Learning

Award :