Support Group Home Education Indonesia

You are here:
  • narrow screen
  • wide screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • blue color
  • green color
Lapbooking Untuk Pemula PDF Print E-mail
Written by Webmaster   
Monday, 14 June 2010 17:42

Lapbook dianggap sebagai metode belajar yang bisa mengintegrasikan berbagai subyek pembelajaran, seperti matematika, study sosial, bahasa, science, bahkan musik dan teknologi. Cara pembuatan lapbook sederhana saja, yang penting ada sebuah karton besar sebagai "alas" bagi berbagai informasi yang ingin dicantumkan. Semacam kliping, namun tidak terbatas hanya dari potongan berita atau foto saja, bisa ditempelkan juga berbagai craft, origami, komik buatan sendiri, dengan diberi hiasan-hiasan yang menarik dan setema.



Biasanya, semakin original isi lapbook semakin menarik dan bernilai. Sebab dari situ bisa dilihat kemampuan anak dalam belajar. Lapbook juga bisa digunakan untuk menjelaskan konsep suatu pelajaran yng terlalu abstrak bagi anak, misalnya konsep perkalian, makna kata, atau kejadian-kejadian yang sedang banyak dibicarakan di sekitar anak.

Jadi selain untuk mengetahui pencapaian belajar seorang anak, lapbook juga bisa menjadi sarana belajar anak. Sehingga bagi banyak keluarga, lapbook menjadi bagian dari belajar yang tidak terpisahkan dalam rutinitas belajar setiap hari.

Berikut adalah hasil lapbook beberapa anak home education Indonesia:
Lapbook - Apple Tree
Lapbook Kapal
Lapbook Bayi

Untuk resourcenya, sebetulnya tidak perlu mencari resource yang khusus untuk lapbook. Misalnya mau membuat lapbook tentang Asia, maka googling saja. Hasil dari googling ini pilih yang paling tepat untuk usia anak dan kebutuhan home education Anda, lalu diprint untuk sebagian materi pembuatan lapbook. Bisa juga ditambah dengan gambar anak tentang benua Asia, atau membuat kolase dari peta salah satu negara di Asia. Tulisan anak tentang nama negara-negara di Asia juga akan sangat menarik, begitu juga jika ditambahkan gambar bendera negara-negara tersebut.

Memang ada website yang menawarkan penjualan online bahan-bahan untuk membuat lapbook, saya rasa hal ini tidak diperlukan. Lapbook bisa dibuat dengan gratis dengan memanfaatkan bahan dan alat yang ada di rumah.

Selamat berkreasi ^_^

Last Updated on Tuesday, 18 October 2011 19:13
 

The Logo

Search

Get Update

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Login

Jika anda keluarga homeschooling, silakan register dan melakukan login untuk menikmati isi website Klub Sinau ini lebih lanjut



Yang sedang online

We have 47 guests online

Bookmark

Add to: Mr. Wong Add to: Webnews Add to: Icio Add to: Oneview Add to: Yigg Add to: Linkarena Add to: Digg Add to: Del.icoi.us Add to: Reddit Add to: Simpy Add to: StumbleUpon Add to: Slashdot Add to: Netscape Add to: Furl Add to: Yahoo Add to: Blogmarks Add to: Diigo Add to: Technorati Add to: Newsvine Add to: Blinkbits Add to: Ma.Gnolia Add to: Smarking Add to: Netvouz Add to: Folkd Add to: Spurl Add to: Google Add to: Blinklist Information
by: camp26.biz

Join our :

Facebook Share

Share on facebook

Google +1


By PLAVEB

Choose Your Language

Browse this website in:

Blog Home Education:


The Root of Learning

Award :