Support Group Home Education Indonesia

You are here:
  • narrow screen
  • wide screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • blue color
  • green color
Peran Ayah Dalam Home Education PDF Print E-mail
Written by Maria Magdalena   
Friday, 14 May 2010 16:14

Beberapa waktu lalu ada seorang teman yang menanyakan tentang keterlibatan ayah dalam home education. Memang, kebanyakan keluarga home education memiliki pola : ibu tinggal di rumah (bekerja di rumah atau tidak), dan ayah bekerja di luar rumah sampai sore. Walaupun ada yang merupakan perkecualian. Dengan pola seperti ini, otomatis tanggung jawab praktek home education sebagian besar ada pada ibu. Lalu bagaimana dengan ayah? Padahal, hak dan tanggung jawab pendidikan anak ada pada kedua orang tua tanpa perkecualian. Begini tipsnya :

- Sore hari sepulang kerja adalah waktunya bagi ayah untuk berinteraksi dalam suasana belajar dengan anak. Waktu ini adalah sepenuhnya hak anak dan ayahnya, pada saat ini peran ibu bisa minimalis saja, yaitu hanya jika dibutuhkan. Kadangkala bagi ibu yang terbiasa menemani anaknya, agak sulit juga "melepaskan" anak hanya bersama ayahnya, cobalah menyingkir sejenak, sebab anak juga membutuhkan interaksi pribadi dengan ayahnya.

- Hari libur kantor adalah juga kesempatan bagi ayah untuk mendampingi anak belajar. Biasanya, praktek belajar akademis adalah bersama ibu di keseharian anak, dan belajar yang non akademis seperti misalnya keahlian komputer, olah raga, outing, dan beberapa percobaan science dilakukan bersama ayah. Nah, pada saat libur kantor inilah pelajaran tersebut bisa diberikan pada anak.

- Pagi hari sebelum ayah berangkat ke kantor, ada baiknya juga disempatkan melakukan kegiatan bersama, misalnya olah raga bersama, atau menyiapkan sarapan bersama. Kegiatan ini pasti akan menjadi awal hari yang menyenangkan.

Dengan pengaturan waktu seperti ini, anak akan mendapatkan banyak variasi kegiatan bersama ibu dan ayah, dan ayahpun tidak kehilangan peran dalam home education anak. (marc)

Last Updated on Tuesday, 18 October 2011 19:15
 

The Logo

Search

Get Update

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Login

Jika anda keluarga homeschooling, silakan register dan melakukan login untuk menikmati isi website Klub Sinau ini lebih lanjut



Yang sedang online

We have 63 guests online

Bookmark

Add to: Mr. Wong Add to: Webnews Add to: Icio Add to: Oneview Add to: Yigg Add to: Linkarena Add to: Digg Add to: Del.icoi.us Add to: Reddit Add to: Simpy Add to: StumbleUpon Add to: Slashdot Add to: Netscape Add to: Furl Add to: Yahoo Add to: Blogmarks Add to: Diigo Add to: Technorati Add to: Newsvine Add to: Blinkbits Add to: Ma.Gnolia Add to: Smarking Add to: Netvouz Add to: Folkd Add to: Spurl Add to: Google Add to: Blinklist Information
by: camp26.biz

Join our :

Facebook Share

Share on facebook

Google +1


By PLAVEB

Choose Your Language

Browse this website in:

Blog Home Education:


The Root of Learning

Award :