Support Group Home Education Indonesia

You are here:
  • narrow screen
  • wide screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • blue color
  • green color
Camping Home Education Klub Sinau ke-3 : Hujan! PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Wednesday, 25 March 2015 10:57

Deretan tenda kami

21-22 Maret adalah waktu yang penuh tantangan dan kegembiraan bagi anak-anak pramuka home education Klub Sinau. Camping Pramuka Home Education ke-3 kami jalani, dan kali ini lebih menantang. Tema yang diusung adalah “hujan”, camping dimusim hujan.

Sabtu pagi, kami berangkat ke Claket – Pacet, ada yang berangkat beriringan, ada yang berangkat sendiri. Tempat camping kami kali ini menyediakan kamar dan makanan. Walaupun begitu, kami semua tetap membawa tenda, dan peralatan masak. Dalam camping kali ini kami belajar camping di musim hujan, bertahan dalam tenda dengan kondisi hujan.

Menggali parit untuk menampung air hujan yang jatuh dari atap tenda,
ini tampaknya jarak antara parit dengan tendanya terlalu jauh

Sesampai di bumi perkemahan Taruna Loka, kami mendirikan tenda kami masing-masing, dan membuat parit tepat di pinggir tenda kami. Ini adalah salah satu cara untuk menahan hujan supaya tidak masuk ke dalam tenda. Lalu kami lanjut dengan istirahat dan makan siang sejenak sambil menunggu seluruh peserta camping berkumpul. Setelah itu pada pukul 17:00 kami mulai acara. Tak lama kemudian hujan mulai turun, kami segera pindahkan acara ke pendopo.

Hujan turun dengan derasnya, tapi tenda kami aman, walau memang ada 2 tenda teman yang basah, yang satu karena bahannya memang tak bisa menahan air, dan yang satunya karena didirikan di atas bekas galian parit, sehingga air menembus dari bawah tenda. Sementara itu kakak-kakak pembina pramuka ternyata juga keliling, memeriksa keamanan tenda kami dari air, dan membetulkan konstruksi tenda yang belum baik.

Main di pendopo ketika hujan mulai turun

Di pendopo, anak-anak bermain dengan riangnya bersama kak Djaka dan kak Maianto. Karena lucu, kami orangtua yang menontonnya pun tertawa geli melihat keceriaan anak-anak ini. Ketika hari telah gelap, anak-anak pun membersihkan diri dan bersiap makan malam bersama. Makan malam dengan menu sederhana namun lezat. Di tengah makan malam pun anak-anak masih juga bermain bersama! Benar-benar mereka menikmati kebersamaan dengan teman-teman lintas-usianya.

Malamnya kami dianugerahi cuaca cerah, sehingga bisa berapi unggun

Setelah makan malam, kami bersiap api unggun. Udara Claket yang dingin hanya bisa dihalau oleh hangatnya api unggun. Kakak-kakak pembina pramuka kali ini melibatkan orangtua dalam permainan. Sungguh menyenangkan! Ceria dan menggembirakan! Anak-anak pun senang bisa beraktivitas bersama orangtua.

Membakar jagung

Memerah susu sapi

Esok paginya, kami mengawali hari dengan memerah susu sapi. Bagi anak-anak, memerah susu sapi ini adalah pengalaman yang sangat menarik, berinteraksi dengan sapi dan mendapatkan minuman yang lezat. Setelah itu anak-anak mandi dan sarapan, bersiap untuk acara berikutnya: tracking!

Sarapan sederhana, lezat, dan akrab

Salah satu orangtua membawa teropong virtual reality, sangat menarik!

YES! Siap tracking!

Tracking kami melewati sawah, kebun, jalan setapak yang benar2 hanya cukup untuk satu tapak kaki saja. Kondisi jalannya naik-turun. Dan karena ini musim hujan, maka jalanannya pun jadi licin. Medan yang dilalui termasuk berat, diperberat lagi dengan hujan yang turun dengan derasnya, membuat jalanan yang kami lalui makin licin. Banyak anak dan orangtua yang terjatuh dalam tracking ini, namun kami tetap melaluinya dengan gembira. Lelah? Tentu saja!

Tracking melewati kebun, sawah, ladang, dengan area yang naik-turun terjal dan licin

Panen wortel bersama petani

Oiya, selama tracking, kami melewati petani yang sedang panen wortel, dan… kami pun diijinkan ikut panen! Menarik sekali! Ini kegiatan diluar rencana.

Hujan! Daun pisang jadi payung... dan jalanan pun makin licin

Setelah mengikuti tracking yang berat dan kondisi kami semua kotor berlumpur, kembali kami harus membersihkan diri, mandi! Ah segarnya setelah mandi… beberapa anak langsung mengisi perutnya dengan mie instant atau roti. Setelah duduk-duduk makan sejenak, anak-anak yang tampaknya kelebihan energi ini kembali main bersama! Tak tanggung-tanggung, mereka bermain sepak bola! Padahal kami orangtua sudah sangat lelah dan hanya ingin istirahat.

Sepak bola bersama lintas-usia di dalam aula

Tampaknya, permainan sepak bola ini adalah penutup dari rangkaian acara camping. Sungguh sangat sayang harus diakhiri jika melihat betapa anak-anak sangat menikmati permainan mereka bersama teman-teman yang tidak sekolah. Sampai ketemu di lain camping, dengan tantangan yang lebih seru! Terima kasih kaka-kakak pembina pramuka Kwarda Jawa Timur!

Last Updated on Wednesday, 25 March 2015 11:16
 

The Logo

Search

Get Update

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Login

Jika anda keluarga homeschooling, silakan register dan melakukan login untuk menikmati isi website Klub Sinau ini lebih lanjut



Tulisan Terkait

Yang sedang online

We have 90 guests online

Bookmark

Add to: Mr. Wong Add to: Webnews Add to: Icio Add to: Oneview Add to: Yigg Add to: Linkarena Add to: Digg Add to: Del.icoi.us Add to: Reddit Add to: Simpy Add to: StumbleUpon Add to: Slashdot Add to: Netscape Add to: Furl Add to: Yahoo Add to: Blogmarks Add to: Diigo Add to: Technorati Add to: Newsvine Add to: Blinkbits Add to: Ma.Gnolia Add to: Smarking Add to: Netvouz Add to: Folkd Add to: Spurl Add to: Google Add to: Blinklist Information
by: camp26.biz

Join our :

Facebook Share

Share on facebook

Google +1


By PLAVEB

Choose Your Language

Browse this website in:

Blog Home Education:

 


The Root of Learning

Award :