Support Group Home Education Indonesia

You are here:
  • narrow screen
  • wide screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • blue color
  • green color
Homeschooling Dalam Masa Sulit PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 28 October 2014 16:38

Kadang guru sekolah tidak masuk kerena sakit atau ada urusan yang sangat mendesak dan penting untuk dilakukan. Pada waktu itu, akan ada guru pengganti atau siswa sekedar diberi penugasan belajar sendiri. Kondisi orangtua home education tidak jauh beda dengan ini. Kadang ada masanya orangtua mengalami sakit, sedang menghadapi pekerjaan yang sifatnya mendesak dan penting, atau tiba-tiba ada kejadian yang membuatnya tak bisa mendampingi anak belajar pada waktu yang seperti biasanya. Apa yang bisa dilakukan?

Anak belajar sendiri melalui online education games

Dengan begitu, orangtua bisa merelakan satu waktunya untuk tidak mendampingi anak. Misalnya, anak bisa diminta untuk belajar sendiri apapun caranya. Bisa juga dengan sejenak menyerahkan proses belajar anak pada orang lain yang bisa dipercaya, misalnya pada orangtua yang lain, atau kakek-nenek, atau bahkan tetangga yang bisa dipercaya. Anak tidak akan kehilangan proses belajarnya. Bukankah belajar bisa dengan siapa pun, dan dimana pun? Itulah belajar ala home education.

Pertama, perlu diingat bahwa home education beda dengan sekolah. Bedanya, tidak harus ada jadwal yang mengikat, tidak harus ada target harian yang harus dicapai, dan perbedaan percepatan belajar anak. Kesadaran akan perbedaan ini membuat orangtua mampu memaklumi bahwa tidak ada keharusan “hadir” dalam semua jadwal belajar anak. Namun juga tidak berarti anak bisa ditinggal terus tanpa pendampingan dalam waktu yang lama.

Jadi untuk orangtua yang baru ingin memulai home education tidak perlu kawatir untuk memulai home education hanya karena kemungkinan menghadapi situasi ini. Ada banyak jalan menuju pembelajaran, dan orangtua bukan satu-satunya sumber belajar. Tertunda belajar akademis 1 hari pun tidak apa-apa, anak-anak home education pasti bisa mengejar ketertinggalannya.

Last Updated on Tuesday, 28 October 2014 17:41
 

The Logo

Search

Get Update

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Login

Jika anda keluarga homeschooling, silakan register dan melakukan login untuk menikmati isi website Klub Sinau ini lebih lanjut



Tulisan Terkait

Yang sedang online

We have 22 guests online

Bookmark

Add to: Mr. Wong Add to: Webnews Add to: Icio Add to: Oneview Add to: Yigg Add to: Linkarena Add to: Digg Add to: Del.icoi.us Add to: Reddit Add to: Simpy Add to: StumbleUpon Add to: Slashdot Add to: Netscape Add to: Furl Add to: Yahoo Add to: Blogmarks Add to: Diigo Add to: Technorati Add to: Newsvine Add to: Blinkbits Add to: Ma.Gnolia Add to: Smarking Add to: Netvouz Add to: Folkd Add to: Spurl Add to: Google Add to: Blinklist Information
by: camp26.biz

Join our :

Facebook Share

Share on facebook

Google +1


By PLAVEB

Choose Your Language

Browse this website in:

Blog Home Education:

 


The Root of Learning

Award :