Support Group Home Education Indonesia

You are here:
  • narrow screen
  • wide screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • blue color
  • green color
Support Group Home Education Indonesia
Ketemuan Keluarga Home Education se-Jawa Timur PDF Print E-mail
Written by Maria Magdalena   
Saturday, 19 May 2012 21:13

Klub Sinau bekerja sama dengan Homeschooler Malang mengadakan acara "Ketemuan Keluarga Home Education se-Jawa Timur"

Waktu : Minggu, 10 Juni 2012
Kumpul di gerbang Kebun Raya Purwodadi (Purwodadi - Pasuruan) pukul 08.00 WIB, dekat area kantin

Acara :
- Identifikasi pohon dan buah, jika ada yang ingin membawa tanaman dari rumah, misalnya tanaman yang langka, silakan saja, nanti kita identifikasi bersama.
- Nature art. Untuk acara ini kita akan membuat karya seni dengan bahan dari alam. Untuk keperluan ini silakan membawa sendiri peralatan yang diperlukan, misalnya gunting, lem, kertas, bunga kering, dsb. Persyaratannya : hanya boleh menggunakan daun/bunga/ranting yang telah gugur, tidak boleh merusak alam Kebun Raya Purwodadi. Hasil karya seni akan dipamerkan dan saling menginspirasi.
- Sharing keluarga home education

Dalam acara ini tidak ada pungutan biaya. Biaya tiket masuk, akomodasi, dll ditanggung peserta.

Keluarga yang serius ingin ikutan di acara ini silakan mengisi formulir pendaftaran di link ini : https://docs.google.com/spreadsheet/viewform?formkey=dFdYbXZFc29PWHdFUGNsUVBkcDN4WlE6MQ

Untuk konsumsi, diharapkan peserta membawa makanan atau minuman untuk kita nikmati bersama-sama.



Mari bertemu dengan semangat kebersamaan!

 
Wawancara Dengan Gatra : Menguak Kedalaman Home Education PDF Print E-mail
Written by Maria Magdalena   
Monday, 14 May 2012 20:21

Hari ini (14 Mei 2012) saya mendapat email dari Majalah Gatra yang ingin mewawancara saya dalam rangka penulisan tentang homeschooling ditinjau dari berbagai sudut bahasan, baik dari sisi keluarga maupun dari sisi bisnis. Tulisan ini rencananya akan ditayangan pada majalah Gatra edisi 18 Mei 2012. Berikut ini adalah jawaban saya terhadap wawancara tertulis dari Gatra :

 

Last Updated on Tuesday, 15 May 2012 09:20
Read more...
 
Home Education Memberikan Waktu, Bukan Menghabiskan Waktu PDF Print E-mail
Written by Maria Magdalena   
Monday, 23 April 2012 05:44

Pada umumnya, perjalanan awal home education dipenuhi dengan penjadwalan aktivitas anak. Orang tua masih mengacu pada aktivitas persekolahan yang memakan waktu dari pagi hingga sore. Orang tua menyiapkan lembar penjadwalan, things to do list, daftar check list aktivitas harian, untuk memastikan bahwa anak tidak melewatkan satu waktu pun melakukan aktivitas belajarnya.

Di lain pihak, banyak pertanyaan dari orang yang belum paham tentang home education, yaitu : "apakah home education akan menghabiskan waktu orang tua? Apakah dengan home education orang tua jadi tidak punya waktu lagi untuk dirinya sendiri karena disibukkan dengan urusan pendidikan anak?" Bisa jadi demikian, jika yang dihadapi tiap hari adalah jadwal, thing to do list, dan check list harian yang penuh rencana aktivitas home education dari pagi hingga sore.

Padahal, jika ditelusuri, dijalankan, dan didapatkan esensi dari home education, justru home education mampu memberikan banyak waktu bagi anak. Karena proses belajar formal di rumah hanya untuk dirinya sendiri, maka anak home education bisa cepat menyelesaikan pelajarannya, hingga mempunyai banyak waktu untuk dirinya sendiri. Dengan catatan bahwa anak tidak dijejali berbagai aktivitas oleh orang tua.

Disamping itu, waktu yang cukup bagi anak untuk melakukan aktivitas yang menjadi passion pribadinya itu sangat penting. Tidak ada takaran pasti tentang jumlah waktu yang bisa kita sediakan untuk mereka karena kebutuhan tiap anak berbeda. Mengapa ini penting? Karena dengan waktu untuk sendiri ini anak akan b isa mengembangkan kreativitasnya, menyalurkan kecerdasan pribadinya, dan mengembangkan otoritasnya.

Tidak seperti anak yang selalu dikendalikan jadwal belajar ini-itu tiap waktunya. Anak yang selalu dikendalikan jadwal belajar dan aktivitasnya tidak akan mampu mengembangkan kreativitas yang berasal dari pemikiran originalnya, juga tidak bisa belajar menyalurkan otoritasnya. Anak yang demikian akan selalu belajar bahwa dirinya diatur oleh orang lain, dia tidak bisa belajar mengatur dirinya sendiri.

Nah, pada proses home education, sangat dimungkinkan bagi anak untuk belajar menyalurkan otoritas pribadinya dan originalitasnya jika dibandingkan anak sekolah formal yang bersekolah dari pagi hingga sore, lalu dilanjutka dengan les ini dan itu.

Maka, marilah keluarga home education memanfaatkan kondisi ini supaya anak bisa belajar untuk mengendalikan diri dan otoritasnya dan tetap mengembangkan kreativitasnya yang original.

Last Updated on Monday, 23 April 2012 06:56
 
Percobaan Membuat Sundial PDF Print E-mail
Written by Maria Magdalena   
Saturday, 21 April 2012 18:02

Membuat sundial (jam matahari) ternyata tak semudah yang dibayangkan. Tapi, percobaan ini pun membawa kami pada kesadaran bahwa jam matahari tidak seperti jam biasa! Jadi, kami pun membuat jam matahari dari sangat awal. Dari kertas kosong.

Bahan percobaan kali ini adalah : selembar kertas kosong, sebuah anak panah mainan, selotape, pensil, penggaris, dan kompas.

Kertas kosong kami tempelkan di lantai teras dengan bantuan selotape. Pastikan kertas ini terkena sinar matahari. Lalu anak panah mainan kami tempelkan di bagian tengah kertas dengan bantuan selotape juga. Nah, dasar dari jam matahari telah dibuat.

Selanjutnya, tiap pergantian jam kami tandai dengan pensil pada ujung bayangan anak panah. Pada hari percobaan ini matahari seringkali tertutup awan, sehingga ujung bayangan anak panah tidak tampak jelas. Jadi dalam percobaan kali ini kami hanya bisa menandai 3 jam saja. Namun ini sudah mencukupi untuk menarik kesimpulan percobaan.

Apa yang kami dapat?

Tanda yang kami buat dengan pensil tadi ternyata jika dihubungkan akan membentuk garis lurus. Garis lurus ini adalah arah lintasan matahari. Setelah kami dekatkan dengan kompas, ternyata arah garisnya lurus membentang antara timur (E) ke barat (W)! Jadi, membuat jam matahari adalah membuat garis lurus, bukan lingkaran seperti jam pada umumnya.

Selamat mencoba di rumah!

 
Pelajaran Tentang Sebuah Testing PDF Print E-mail
Written by Maria Magdalena   
Friday, 09 March 2012 05:23

Suatu hari seorang ibu mencoba melakukan test matematika pada anaknya yang cerdas, namun masih berusia 7 tahun :

“Kalau seorang anak balita bisa meminum susu sebanyak 200 ml dalam 5 menit, berapa yang dia bisa minum dalam 10 menit?”

 

Jawab si anak :

“300 ml”

 

Si ibu bengong. Dia terkejut, mengapa soal semudah itu tak bisa dijawab dengan benar oleh anaknya. Dia pun mencari tahu :

“Kenapa bisa 300 ml saja?”

 

Si anak :

“Karena anak itu menumpahkan sebagian susunya, sebagian lagi merembes keluar dari mulutnya. Dia main-main dengan susu yang dia minum.”

 

Ooops... benar juga! Itulah yang sering terjadi ketika seorang anak balita minum susu! Berapa kali kita dengar seorang ibu dari anak yang masih balita berkata : “Minum susumu dengan benar! Jangan tumpah-tumpah dan jangan dibuat main-main!”

_____________________

Di kesempatan testing yang lain, pertanyaan si ibu begini :

“Berapa jarak yang bisa ditempuh seorang pejalan kaki dalam waktu 2 jam? Jika dia bisa berjalan sepanjang 1 km dalam 1 jam?”

 

Jawab si anak :

“Tergantung, capek atau nggak orang itu setelah jalan 1 km. Kalau capek dan haus mungkin 2 jam itu dia cuma 1 km saja, karena dia berhenti untuk istirahat dan minum. Atau dia cuma 1.5 km saja karena jalannya tambah pelan.”

 

Si ibu cuma bisa manggut-manggut sambil membenarkan dalam hati, dan mengakui kecerdasan buah hatinya.

 

Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 5 of 23

The Logo

Search

Get Update

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Login

Jika anda keluarga homeschooling, silakan register dan melakukan login untuk menikmati isi website Klub Sinau ini lebih lanjut



Tulisan Terkait

Yang sedang online

We have 52 guests online

Bookmark

Add to: Mr. Wong Add to: Webnews Add to: Icio Add to: Oneview Add to: Yigg Add to: Linkarena Add to: Digg Add to: Del.icoi.us Add to: Reddit Add to: Simpy Add to: StumbleUpon Add to: Slashdot Add to: Netscape Add to: Furl Add to: Yahoo Add to: Blogmarks Add to: Diigo Add to: Technorati Add to: Newsvine Add to: Blinkbits Add to: Ma.Gnolia Add to: Smarking Add to: Netvouz Add to: Folkd Add to: Spurl Add to: Google Add to: Blinklist Information
by: camp26.biz

Join our :

Facebook Share

Share on facebook

Google +1


By PLAVEB

Choose Your Language

Browse this website in:

Blog Home Education:

 


The Root of Learning

Award :